September 04, 2012

dorayaki(n)


Pertama kali makan dorayaki seumur - umur hidup ya tahun lalu pas KKN. Ceritanya unit KKN ku kedatangan tamu dari Jepang. Mereka adalah mahasiswa dari Ehime University plus satu professor. Mereka ada beberapa project di UGM dan salah satu project mereka adalah penanganan bencana gitu lah, tapi diperuntukkan bagi anak - anak SD. Jadilah mereka bergabung dengan kami karena letak daerah KKN yang termasuk daerah rawan terjadi bencana. Project mereka cukup menarik dan simpel dibandingkan dengan KKN kitah yang aduuuh seabreggg..

Balik ke masalah si Dorayaki tadi itu, mereka sempat bikinin kita dorayaki. Padahal ya, mereka juga belum pernah bikin. Tweeeeeww, trus?? mana cowo semua lagi, nggak yakin deh. Ternyata mereka buatnya pake tepung instan khusus dorayaki gitu yang udah ada direction use nya.. Jadi ya gampang banget buatnya, cuma modal susu cair, gula, garam, telur, tepung sama red bean paste gitu. Yang dulunya cuma bisa liat doang tiap minggu pagi di TV, akhirnya ngerasain juga. Manis, enak, empuk, apalagi pasta red bean nya, dibikinin pula... Hmmm, tambah enak.. ^^

Nhaaaa, bagi kita nih yang idup di Indonesia tercinta, dimana nggak ada tu yang namanya tepung instan khusus dorayaki, udaaah pake aja tepung asli buatan indonesia, The Blue Triangle Flour.. kekeke.
Rasanya ntar tetep sama kok.. *InsyaALLAH ^^. Red bean paste nya juga gampang, di sini banyak, nggak mahal juga, plus bikin sendiri, jadi terjamin higienisnya. 

Kalo rejeki mah emang ya nggak kemana, beberapa hari yang lalu budhe ngasih kacang merah banyaaaaak banget. Bingung juga pertamanya mau diapain sebanyak gitu, akhirnya dibuat pasta aja. Ntar kan kalo sewaktu - waktu mau pake udah ada stocknya. Bikinnya gampang, kacang merah dicuci bersih, direndam 3 jam.. Habis direndam rebus pake air biasa di api yang besar selama 20-30 menit, ya sampe empuk lah.. Kalo udah empuk, tiriskan lalu blender sampe halus. Kacang yang udah diblender tadi trus dituang di wajan, masak pagi api kecil aja, tambahkan daun pandan, gula pasir, gula merah, garam sesuai selera. Aduk terus sampe ntar kacang merah nya kalis. Udah deh, siap digunakan.

Adonan dorayaki tu menurutku hampir sama kaya wafel, yaitu:
200 tepung terigu protein rendah
60 gr margarin
60 gr gula
200 ml susu cair
1 butir telur
1 sdm madu
1 sdt baking powder
garam 
vanili bubuk.

Kocok gula halus & margarin sampe lembut, trus tambahkan telur sampe tercampur rata. Masukkan tepung  yang udah dicampur ma baking powder, garam&vanili, selang seling dengan susu cair, aduk sampai adonan nggak ada yang menggumpal. Tambahkan madu, aduk, diamkan 30 menit.
Siapkan teflon, panggang di atas teflon dengan api kecil. tutup beberapa menit lalu balik dan tunggu sampe matang. Taruh red bean paste sesuai selera di atas dorayaki, tutup dengan dorayaki lagi.



kalo dorayaki kan pake tepung dari Jepang yaak, karena ini nggak pake tu tepung namanya pun berubah menjadi dorayaki(n), podo ora yakin (tidak meyakinkan).. ;P

2 komentar:

niineO.O mengatakan...

tita~~

senangnya mendapat kabar darimu :) terus update ya Taa~ saling mengunjungi dan komen,kangen kalian!!!

bukannya dorayaki gak enak ya?kayak apem gitu,pernah beli dan menyesal..haha

oya,kok yg follow blog ku berubah jd nungki?bukan kamu lagi?aq jd bingung,tp aku uda follow blogmu say :D

primadika tita mengatakan...

eMbuuuuun.. kangeen.. *halah.
Yeeeep!! mari saling berkunjung, lebih dekat lebih murah. kekeke.

Hmmm, emberrr.. kaya apem.. bahkan enak apem menurutku..
kalo fresh from the pan sih enak mbun.. aku suka kacang merahnya.

ah itu aku juga bingung mbuun, udah tak coba2 gt, tapi sepertinya aku nggak dong harus dikek-mana-in. ;)

Posting Komentar