September 03, 2012

A Tree with Deep Roots (2011)




K-drama yang dirilis tahun 2011 lalu ini terbilang sukses dengan menyabet grand prize (daesang) di SBS drama award, Baeksang Art, dan juga Seoul Intl Drama Award. Pertamanya agak bingung juga sih, kok bukan The Moon that Embraces The Sun yak yang menang? Kok malah TWDR ini, bukan TMTETS? Ha ya sudah, toh saya belum nonton TWDR, jadi ya nggak bisa juga ngebandingin ma TMTETS. Finally, setahun berselang baru deh ada keinginan buat nonton drama ini. Penasaran juga, apa sih bagusnya sampe nyabet Daesang???

Cast:
Jang Hyuk (Kang Chae Yoon/ Ddol Bok)
Han Suk Gyu (King Sejong/Yi Do)
Song Joong Ki (teen Yi DO)
Shin Se Kyung (Dam/So Yi)

Yoon Je Moon (Jung Ki Joon/Ga Ri On)
Ahn Suk Hwan (Lee Shin Juk)
Lee Jae Yong (Jo Mal Saeng)
Kwon Taewon (Choi Manri)
Jeon Seong Hwan (Hwang Hui)

Jo Jin Woong (Moo Hyool)
Suh Joon Young (Prince Gwangpyeong)
Lee Soo Hyuk (Yoon Pyeong)
Kim Ki Bum (Park Paengnyeon)
Hyun Woo (Seong Sam Mun)

Recognitions:
Seoul Intl Drama Award (2012)
Baeksang Arts Awards (2012)
SBS Drama Awards (2011)
Actor of the Year ( Han Suk Gyu)
Top Excellence Award, Drama
Top Excellence Award for Special Production, Actor (Jang Hyuk)
Excellence Award for Drama Special, Actress (Shin Se Kyung)
Actress Award for Drama Special (Song Ok Soo)
PD Award (Song Joongki)
Top Ten Stars Award (Han Suk Gyu)

Deep Rooted Tree alias Tree With A Deep Roots (뿌리깊은 나무) merupakan drama based on novelnya Lee Jong Myeong (Pengarang Painter of the Wind juga). Garis besarnya drama ini adalah investigasi pembunuhan berantai di Jiphyeonjeon oleh Kang Chae Yoon sementara The King mempunyai sebuah secret project  untuk menciptakan alphabet yang baru, yang lebih simple.. *Mr.Simpe ni Raja ^^

Jadi, di awal masa pemerintahannya, King Sejong tidak memiliki kekuasaan untuk memimpin Joseon karena masih berada di bawah pengaruh ayahnya, King Taejong. King Taejong tu brutalnya minta ampun, sampe keluarga Queen pun dibunuh dan banyak budak yang menjadi korban. Nah, ada dua anak yang selamat dari pembantaian tersebut, yaitu Ddol Bok dan Dam. Tapi, ayah Ddol Bok meninggal secara mengenaskan, melihat ayahnya dibunuh, si Ddol Bok kemudian menyalahkan King Sejong dan bersumpah untuk membunuhnya. Setelah dewasa, Ddol Bok jadi Royal Guard sedangkan Dam jadi Court Lady. Mereka mengganti nama mereka sehingga tidak mengenal satu sama lain.

Ddol Bok a.k.a Kang Chae Yoon beberapa kali menyusun rencana untuk membunuh king Sejong, tapi King Sejong justru memberi tugas rahasia untuk Chae Yoon. Yap, Chae harus mengungkap dalang dibalik kematian para scholar. Nhaa, si dalang dari pembunuhan itu tiada lain adalah Hidden Root yang didirikan oleh Jeong Do Jeon yang berambisi untuk memberikan kekuasaan penuh pada para menteri dan raja tidak memiliki wewenang mutlak. Karena sangat berbahaya, Jeong Do Jeon dan semua keluarganya dibunuh oleh King Taejong. Namun, keponakannya, Jeong Gi Joon berhasil selamat dan setelah beberapa tahun menjadi leadernya Hidden Root. Jeong Gi Joon ini nyamar jadi butcher dan sangat dekat dengan King Sejong. *Sebenarnya saya sangat bingung, tapi yasudlah, lanjuuut...

Kang Chae Yoon yang dari awal dendam banget dan harus membunuh raja sebagai penebus kematian ayahnya yang tidak adil, akhirnya berbalik untuk membantu raja setelah melihat alphabet yang dibuat oleh King Sejong.
Secret project-nya King Sejong pun akhirnya ketahuan juga oleh Hidden Root. Jeong Gi Joon berusaha untuk menghalangi jangan sampai alphabet yang baru itu benar-benar dipublish. Ia kemudian membunuh Prince Gwangpyeong, tapi justru hal iyu membuat King Sejong semakin bertekad untuk merilis album eh merilis alphabet yang telah dibuatnya bertahun-tahun dengan bantuan para scholar dan royal court termasuk si So Yi. Dengan pengorbanan Chae Yoon dan So Yi lah kemudian peluncuran alphabet sukses dan rakyat memulai menggunakan hangul.

Hmm, yang oh woow sekali menurutku disini sih cerita bagaimana King Sejong menciptakan alphabet/Hangeul. Brilliant banget lah idenya King Sejong sampe menghasilkan aksara yang bunder-bunder, kotak-kotak, garis-garis.. Hangeul tu punya daya tarik tersendiri emang dan yang nggak kalah pentingnya, hangeul tu mudah dihafal&dipelajari.. King Sejong memiliki keinginan agar semua rakyatnya bisa menulis dan membaca, jadi mereka tidak akan semakin tertindas oleh nobleman. Selama ini, mereka menggunakan hanja yang berasal dari Cina dan omaigat, tulisan macam itu sangatlah susah untuk dipelajari dan dihafal.

Jadi, kesimpulannya.. saeguk ini emang keren! Pantes lah buat dapet daesang, 3 kali lagi.. Tapi sayang, si Joongki nya cuma muncul bentar aja... ^^ Must watch it!
Anyeong~~
 (Source: wikipedia, dramawiki)

0 komentar:

Posting Komentar